Monday, July 20, 2020

Ulasan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan adalah surat permohonan untuk memperoleh pekerjaan atau jabatan di perusahaan tertentu. Surat lamaran pekerjaan dapat didefinisikan sebagai surat yang berisi penawaran keahlian, kemampuan, atau jasa terhadap suatu perusahaan tertentu.

Surat lamaran pekerjaan berfungsi sebagai langkah pertama atau pembuka bagi seseorang yang mau bekerja di suatu tempat.

Di dalam surat lamaran pekerjaan memiliki struktur sebagai berikut:


  1. Tanggal surat
  2. Hal 
  3. Lampiran
  4. Alamat Surat
  5. Salam pembuka
  6. Isi surat
  7. Salam penutup
  8. Tanda tangan 
  9. Nama jelas

Pada bagian isi surat lamaran pekerjaan  harus singkat, padat, jelas, dan langsung pada persoalannya. Setidaknya, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam isi surat lamaran:

  • Jabatan yang diinginkan
  • Identitas pelamar (nama lengkap, usia, status pernikahan, alamat, dan tingkat pendidikan)
  • Kualifikasi pelamar (latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian)

Dalam surat lamaran pekerjaan, bahasa yang digunakan adalah bahasa baku, adapun ciri ciri bahasa baku antara lain:

  1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah
  2. Tidak dipengaruhi bahasa asing
  3. Bukan merupakan ragam bahasa percakapan
  4. Pemakaian imbuhan eksplisit
  5. Unsur-unsur kalimat lengkap
  6. Pemakaian hubungan kata sesuai dengan konteks kalimat
  7. Tidak rancu
  8. Tidak mengandung arti pleonasme 

Di samping penggunaan bahasa baku dalam surat lamaran kerja, harus memperhatikan kebakuan kata dan keefektifan kalimat, bahasa dalam surat lamaran pekerjaan harus menggunakan :

  • Kata ganti tunggal saya
  • Kata sapaan orang kedua sebagai bentuk penghormatan
  • Kalimat bertujuan
  • Ungkapan-ungkapan rasa ketertarikan terhadap pekerjaan yang mau dilamar
  • Kalimat perincian ketika berkaitan dengan identitas diri 
  • Kalimat persuasif (pengharapan) dan ucapan terima kasih


Contoh surat lamaran pekerjaan


Medan, 23 Juni 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajer HRD
PT. Maju Mundur Sukses
Jl. Sudirman  No. 18
Kota Medan

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan kerja pada situs nomis.id tanggal 15 juni 2019. Saya mengajukan diri untuk bergabung di PT. Maju Mundur Sukses sebagai Akutansi. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama                                     : Oky Laily Ulya, AMd
Tempat, Tanggal Lahir        : Medan, 25 Desember 1986
Umur                                      : 22 tahun
Pendidikan Terakhir            : Politeknik Negeri Medan (D3)
Alamat                                   : Jl. Jendral Sudirman No.45
Telepon                                  : 085210556358
E-mail                                    : okylaily_ulya@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehetan yang baik dari segi jasmani dan juga rohani, saya bisa berbahasa inggris secara lisan dan tulisan. Lulus dengan predikat terbaik dari jurusan akutansi di Politeknik Negeri Medan. Saya biasa bekerja dengan menggunakan komputer, seperti MS Office, Surat menyurat dalam bahasa indonesia dan inggris, dan saya juga terbiasa bekerja dengan internet.

Saat ini saya masih bekerja sebagai staaf akutansi di PT. Musi Mas, Saya terbiasa bekerja dengan tim dan juga saya sangat bisa diandalkan bekerja secara mandiri.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

1. CV.
2. Fotocopy  Ijazah D3 dan transkrip nilai.
3. Fotocopy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas Foto terbaru.
Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia memberi saya kesempatan melanjutkan ketahap selanjutnya, agar saya bisa menjelaskan tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja saya buat dengan sebenarnya, Terimakasih atas perharian Bapak/Ibu.



Hormat Saya,



Oky Laily Ulya, AMd

Sumber contoh: https://www.nomis.id/contoh-surat-lamaran-kerja/

No comments:

Post a Comment